Canopy kaca dan cara pemasangan

canopy kaca minimalis
canopy kaca minimalis

Berikut 5 saran untuk membangun kanopi rangka dengan bahan kaca:

1. Tentukan desain kanopi yang Anda inginkan. Sebaiknya, desain tersebut sesuai dengan konsep utama rumah dan dana yang Anda miliki. Kemudian, gunakan jenis kaca tempered, setebal 10mm. Pilihan lain, kaca tempered laminated, dengan ketebalan masing-masing sisi, 5mm.

2. Ukur lebar dan tinggi jendela atau pintu yang Anda hendak pasang kanopi. Dari hitungan itu, Anda dapat membuat ukuran kanopi yang pas. Sebaiknya lebihkan ukuran lebar dan panjang, minimal 10cm. Misalnya, jika lebar jendela 40cm maka ukuran lebar kanopinya 60cm.

3. Pasang rangka kanopi pada dinding bagian atas jendela. Gunakan bahan rangka yang kuat dan tak mudah berkarat. Misalnya, bahan besi hollow yang di-coating antikarat dan dicat. Begitu pula, jika bahannya, kayu lakukan coating antirayap.

4. Pastikan pengikat rangka menggunakan sekrup atau dinabolt yang kuat. Kalau memang perlu, pasang dinabolt secara rangkap agar kokoh dan tak mudah lepas.

5. Anda juga perlu memastikan pemasangan kaca dengan benar. Misalnya, beri lubang pada kaca sebelum dipasang sekrup ke rangka. Agar tidak mudah bocor, bekas lubang diberi klep atau sealant. Fungsi sealant juga untuk membuat kaca tidak mudah bergeser.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s